SAKSI 2016

SAKSI adalah salah satu acara SMP LABSCHOOL JAKARTA yang ditujukan untuk melatih kepemimpinan dan kemandirian kita. Kepanjangan dari SAKSI adalah Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. Dalam kegiatan SAKSI ini terdapat Pra-SAKSI terlebih dahulu. Kegiatan Pra-SAKSI dilaksanakan pada tanggal 1-3Februari 2016. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya. Ini pula menjadi salah satu syarat menjadi OSIS dan kelulusan. Sedangkan kegiatan SAKSI itu sendiri dilaksanakan pada tanggal  5-6 Februari 2016. SAKSI tahun ini dilaksanakan di Dodik Latpur, Gunung Bunder.
Kita berangkat pada hari Jum’at, yaitu pada tanggal 5 Februari. Perjalanan dari Jakarta menuju ke Gunung Bunder sekitar 3 jam. Sesampainya di sana kita dikumpulkan di lapangan utama atau Lapangan Pancasila. Kita melakukan apel pembukaan. Setelah itu, kita menaruh barang-barang kita di barak. Jalan menuju barak sangat curam, begitupun jika kita ingin kembali ke lapangan atau sesuatu yang di atas tadi, jalanannya sangat terjal dan itu melelahkan. Lalu, kita melakukan MAKOM atau Makan Komando. Seharusnya, kita melaksanakan MAKOM di luar , tapi kerena cuaca kurang mendukung kita melaksanakan MAKOM di dalam barak. Setelah MAKOM, kita berkumpul di aula untuk mendengarkan materi dari SIOUX yang menjelaskan tentang jenis-jenis ular atau seputar ular. Setelah kita mendengarkan materi dari SIOUX, diadakan parade busana yang menampilkan berbagai baju daerah. Acara berlangsung sangat seru. Setelah itu, kita turun ke barak untuk melaksanakan MAKOM. Setelah itu, kita mandi dan beristirahat sebentar untuk menuju ke aula lagi. Di aula kita melaksanakan sholat jamak taqdim maghrib dan isya. Setelah itu ada materi dari para TNI. Materi menjelaskan tentang kepemimpinan, materi dilaksanakan pada malam hari. Setelah mendapat materi dari TNI kita langsung turun ke barak untuk tidur dan istirahat.
Pada hari Sabtu, yaitu tanggal 6 Februari kita melaksanakan outbond. Pagi-pagi  kita melaksanakan senam pagi. Kita pemanasan lalu berguling-guling juga. Lalu kita MAKOM lagi. Setelah itu kita ganti baju SAKSI untuk melakukan outbond. Outbond kita lakukan dengan sangat seru. Banyak permainan yang kita mainkan. Flying fox, berjalan di atas tali, ada juga yang turun dari tebing menggunakan tali, dan masih banyak lagi. Setelah itu, ada permainan yang diadakan oleh kakak-kakak OSIS. Kita harus mengambil vandal kelompok kita. Dengan cara merayap dan itu dilombakan juga, siapa yang paling cepat kelompoknya yang mengucapkan janji SAKSI. Setelah itu kita melaksanakn MAKOM lagi. Lalu kita istirahat untuk beberapa saat. Setelah itu kita dikumpulkan untuk menuju ke Curug Pangeran. Disana kita main basah-basahan. Semunya harus basah. Setelah itu kita kembali ke barak untuk mandi dan siap-siap untuk pensi.
Sebelum kita pensi kita MAKOM terlebih dahulu. Lalu, menuju ke aula atas untuk siap-siap pensi. Sebelumnya kita sholat jamak qasar maghrib isya. Lalu, pensi berlangsung sangat seru dan menarik. Sebelum pensi berakhir, OSIS menyiapkan sesuatu. Karena ka Wulan dan ka Irfan harus melepas jaket birunya karena mereka kelas aksel 2 dan harus menyiapkan untuk UN. Setelah itu, kita kembali ke barak untuk istirahat.
Keesokan harinya, kita sholat subuh lalu bersiap untuk MAKOM terakhir. Setelah MAKOM kita bersiap-siap untuk kembali ke sekolah. Setelah bersiap-siap kita mengecek semua barang-barang dan langsung ke lapangan utama untuk apel penutupan. Setelah apel penutupan selesai kita berfoto tiap kelas. Setelah itu kita langsung menuju tronton masing-masing. Kita juga mendapat makan siang. Di dalam tronton kita bercanda, bernyanyi, dan makan-makan bersama. Saat di TOL jalannya sangat lancar. Setelah sampai di sekolah kita pulang ke rumah masing-masing. Istirahat untuk 3 hari yang melelahkan dan juga sangat menyenangkan. Kita akan selalu mengingat kegiatan SAKSI ini. Ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, seru, dan sangat berkenang buat kita semua.

Popular posts from this blog